Cara Kerja Graphic Card

Memainkan sebuah game memang aktifitas yang sangat mengasyikan bahkan kita rela begadang hanya karna subuah game yang bagus dengan graphic yang hampir mendekati nyata yang membuat kita seolah olah berfantasi mengikuti gameplay dari sebuah game. Siapa yang tak pernah memainkan game bola sekelas PES ( pro evolution soccer) atau FIFA. Game 3d dengan wajah wajah pemainnya hampir mendekati mirip ini tentu memerlukan perendering gambar yang mumpuni seperti Radeon dan NVIDIA.

Namun pernahkan anda bertanya pada teman atau paling tidak pada diri sendiri bagaimana sih Graphic Card itu berkerja. Nah untuk menjawab itu mari kita bahas apa itu graphic card, jenis jenisnya, dan cara kerjanya

Cara Kerja Graphic Card
Graphic Card GTX 970

Apa itu Graphics Card ?


yaitu sebuah perangkat ekspansi (tambahan) yang bertugas untuk mengolah sinyal analog ke digital dari CPU menjadi output grafis ke layar monitor.

Jenis jenis kartu Graphics Card ada 2 :

1. VGA ISA

merupakan kartu VGA yang ditancapkan ke slot ekspansi ISA ( industri standart  architecture) bus dengan sistem I/O 8-bit atau 16-bit. Namun sekarang tidak digunakan lagi secara luas karna keterbatasan pada kecepatan transfer data danpengolahan gambar dan warna.

2. VGA EISA

sama seperti VGA ISA yang membedakanya hanya pada sistem  I/O menjadi 32-bit

3. VGA PCI

Sistem I/O 64-bit menjadi keungulanya dari generasi sebelunya.

4. AGP Card

merupakan singkatan dari Accelerated Graphics Port yang dikembangkan untuk mendukung grafis berkecepatan tinggi dengan sistem I/O 128-bit atau 256-bit. AGP mengizinkan untuk mengakses RAM sistem sehingga kartu grafis bisa langsung menggunakan memori fisik tanpa andanya penambahan chip memori meski itu akan mengurangi alokasi memori untuk OS (operating system).dengan fisik pin yang vertikel menjadi ciri khasnya

5. PCI ekspress x16

Dengan kecepatan transfer data mencapai 32 GByte menjadikannya tercepat dari pada generasi sebelumnya. Sebenarnya PCI ekspress x16 merupakan pengembangan dari PCI terdahulu dengan ciri ciri berkebalikan dari generasi sebelumnya.

Cara Kerja


Saat aplikasi yang kita jalankan ingin menampilkan citra maka driver dari kartu grafis akan menyampaikan instruksi dari OS maupun aplikasi kepada kartu grafis dengan mengambil data digital dan mengubahnya menjadi format yang dapat dimengerti oleh kartu grafis. Setelah itu kartu grafis akan melakukan rendering yang hasilnya akan berjalan ke VGA melalui slot pada motherboard. Kemudian memory Graphic Card akan menerima data rendering untuk disimpan sementara yang mana nanti GPU akan mengambil data tersebut dan mengubahnya menjadi pixel. Proses berlanjut ke video RAM untuk mengolah pixel dari analog ke digital dengan converter RAMDAC.Selanjutnya RAMDAC akan mengirim hasil akhir ke layar monitor.