HTML5 Masa Depan Teknologi Web

HTML5 Masa Depan Teknologi Web

Perkembangan dunia website kian tumbuh subur sejak pertama kali muncul pada tahun 1991 dan mulai dapat dinikmati masyarakat luas pada tahun 1993. Tercatat sekitar 634 juta website bertebaran di internet dengan pertumbuhan sekitar 8,5 % per tahun. Itu menunjukkan betapa pentingnya sebuah website bagi masyarakat dunia khususnya perusahaan untuk tujuan pemasaran produk produk mereka.

Website memang menjadi media saling tukar informasi yang ampuh dengan pengguna internet aktif sekitas 2,4 milyar pada tahun 2013. Tujuan pembuatannya pun beragam mulai dari website untuk profil perusahaan, untuk pemasaran produk, jual beli online dan jejaring sosial yang digilai kaum muda mudi saat ini.

Tidak hanya itu dengan website kita dapat meraup pundi pundi uang melalui program PPC ( Pay per click ) diantaranya yang paling populer saat ini seperti google adsense. Seiring dengan pertumbuhan website tentu teknologi pembuatannya pun semakin canggih dengan HTML sebagai pondasi sebuah websitenya, yang mana kini HTML telah mencapai versi HTML5.

Apa itu HTML5?

Sebuah teknologi terbaru dari HTML yang dikembangkan oleh W3C dan WHATW dengan tujuan untuk menampilkan isi / informasi website agar lebih terstruktur.

Apa kelebihan HTML5?

 1. Bersifat open source alias gratis
 2. Kaya fitur tambahan seperti canvas, video , audio dan masih banyak  lagi
 3. Tidak membutuhkan plug-in eksternal khususnya video yang selama ini kita memakai flash
 4. Penulisan coding lebih simple dan efisien
 5. Dapat menyimpan data dari sisi client dalam web browser
 6. Cepat terindex oleh search engine seperti Google

HTML5 Masa Depan Teknologi Web
Logo HTML5

Apa kelemahannya?
Teknologi ini tergolong baru dan masih dalam tahap pengembangan sehingga hanya beberapa web browser yang mendukung seperti Chrome, Firefox, Safari dan opera. tapi walaupun begitu tidak semua tag tag dalam HTML5 dapat berjalan baik, hanya beberapa.

Web browser yang didukung
 1. Google Chrome        3. Internet Explorer      5. Safari
 2. Mozilla Firefox         4. Opera

Kabar terbaru mengatakan bahwa dengan semakin berkembangnya bahasa ini, Kini membuat aplikasi multiplatform semakin mudah. Dengan bantuan framework bernama Phonegap kita dapat membuat suatu aplikasi tanpa harus menguasai bahasa native dari platform tertentu.