Konsep Dasar Jaringan Komputer 2

Konsep Dasar Jaringan Komputer 2

Melanjutkan artikel yang saya tulis pada kesempatan sebelumnya, terakhir kita  membahas masalah transmisi  pada  jaringan  komputer.  ia  dibagi  menjadi  2 yaitu broadcast dan point to point.

1. Broadcast adalah saluran tunggal yang dipakai secara bersama sama oleh semua komputer yang ada pada jaringan, jadi konsepnya satu untuk semua. karna konsepnya seperti itu tentu pada penerapannya ketika komputer A akan mengirim data ke komputer B harus disertai field alamat komputer yang dituju. Jadi hanya komputer B lah yang hanya akan memproses data yang dikirim sedangkan komputer yang lain tidak. Perlu diingat bahwa data yang dikirim dibuat paket paket yang mempunyai field alamat masing masing. itu dilakukan supaya tiap User mempunyai jatah paket yang sama sehingga bisa saling bergantian menggunakan  jaringan tersebut
     
2. Point to point adalah saluran yang terdiri dari sejumlah pasang komputer yang ada pada jaringan komputer. Pada penerapannya pengiriman paket data akan melewati komputer yang menjadi perantara. karna itu rute dan jaraknya bisa berbeda beda tergantung pada tujuan pengiriman data.

Konsep Dasar Jaringan Komputer 2


Dalam jaringan point to point ada satu poin penting yang perlu kita bahas, yaitu jarak. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan LAN, MAN,WAN itulah poin tentang jarak yang akan kita bahas:

1. LAN ( local area network)

Jaringan komputer yang biasanya hanya mencakup skala kecil contohnya pada gedung, sekolah , kantor atau bahkan lebih kecil lagi. jarak maksimumnya adalah 10 km. sebagai penghubung antar komputer biasanya LAN menggunakan switch dengan kabel UTP yang terkonek langsung pada tiap tiap komputer.

2. MAN ( metropolitan area network)

Jaringan ini pada dasarnya konsepnya seperti LAN. hanya saja cangkupan wilayahnya lebih luas sekitar 50 km. sehingga dapat menghubungkan satu gedung dengan gedung yang lain namun masih satu wilayah. dalam jaringan ini hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai jalur output data.

3. WAN ( wide area network)

Jaringan skala luas yang bisanya digunakan untuk menghubungkan sebuah negara bahkan benua. Komponen  yang dipakai terdiri dari kabel transmisi dan elemen switching. kabel transmisi berfungsi
untuk memindahkan bit bit dari satu komputer ke komputer yang lain, sedangkan switching yang dimaksud disini adalah sebuah komputer yang berfungsi untuk menghubungkan kabel transmisi.

                                                                                                                           Baca artikel sebelumnya