Mari Mengenal Apa Itu USB

Universal serial bus (USB) merupakan standart port yang telah banyak digunakan saat ini. Yang mana USB biasanya berjumlah lebih dari satu bahkan lebih pada tiap komputer maupun laptop.Berbagai Hardware mulai dari mouse sampai pada printer kini telah menggunakan konektor USB yang tentu saja lebih memudahkan kita dalam penggunaannya dibandingkan saat masih zamannya serial maupun paralel port.

Dari sejak pertama kali muncul pada tahun 1994 port USB telah mengalami perkembangan khususnya pada kecepatan transfer data diantaranya :

a. USB 1.0

Dari segi kecepatan data USB yang dirilis pada tahun 1996 dapat dipacu antara 1,5 mb (low speed) sampai 12 mb ( full speed)

b. USB 2.0

4 tahun setelah generasi pertama USB muncul, pada tahun 2000 Generasi ke-2 pun dirilis. Dari segi kecepatan telah mengalami peningkatan secara signifikan yaitu 480 mb ( HI-speed).

c. USB 3.0

Dengan kecepatan kisaran 3,2 Gb - 4,8 Gb tentu bukan tidak mungkin mengirim sebuah video berukuran Giga pun dapat selesai dalam hitungan detik.

Kini system operasi mulai dari dari windows, linux , Mac-os dll telah suport dengan USB. itu dapat anda buktikan pada saat perangkat USB yang baru pertama kali ditancapkan pada sebuah komputer maupun laptop maka secara otomatis OS akan mengenali adanya perangkat baru atau auto detect kemudian akan menginstall driver.

Mari Mengenal Apa Itu USB
USB Flashdisk


Cara kerja

Komputer (host) akan mendata perangkat yang terhubung ke port USB dan akan menyiapkan alamat memori untuk perangkat tersebut atau biasa disebut proses enumerasi. Setelah itu host akan memilih tipe transfer data yang cocok untuk perangkat tersebut. Beberapa tipe transfer data :
a. Interrupt - kebutuhan tranfer data kecil seperti mouse
b. Bulk - kebutuhan transfer data besar seperti printer
c. Isochronous - tranfer data dua arah seperti speaker

Ketika pemilihan tipe tranfer selesai host akan mendata parameter parameter menggunakan control packet dan menyiapkan bandwith sesuai tipe tranfer data.

USB akan membagi bandwith kedalam bentuk frame frame berisikan 1500 byte dalam bentuk milidetik dibawah control dari host. kemudian bandwith akan dibagi ke tipe tranfer data sesuai kebutuhan.