Selamat Tinggal Google Sandbox

Selamat Tinggal Google Sandbox

Beberapa bulan yang lalu atau lebih tepatnya 2 bulan yang lalu saya sempat terkejut dengan traffic pada blog bengkelkomputek ini. Blog yang biasanya traffic diatas 200 Pageviews  (maklum blog baru) tiba tiba terjun bebas ke kisaran  10  Pageviews  saja. Itu  tentu  tentu  sedikit  memberikan shock therapy buat blogger pemula seperti saya.

Googling sana sini akhirnya ketemulah secercah masalah. Usut punya usut ternyata blog ini terindikasi masuk Google Sandbox. Ya, dari artikel yang telah saya publish ada beberapa artikel yang terhapus dari indeks google.

Selamat Tinggal Google Sandbox
Ilustrasi Sandbox


Untuk artikel yang terhapus dari index ada beberapa hal yang perlu saya garis bawahi.
1. Artikel yang saya tulis dianggap copy-paste oleh google
2. Optimasi kata kunci berlebihan
3. Sumber gambar blog melanggar hak cipta
4. Terjadi banyak eksternal link yang broken ( error 404)
5. Komentar spam

Mari kita bahas point by point

Point no.1 . Saya kurang setuju karna artikel yang saya tulis murni hasil pengalaman saya dan hasil bacaan dari beberapa buku dan situs populer itupun saya hanya mengambil intinya dan saya rewrite versi saya sendiri.

Tapi nasi sudah menjadi bubur dengan berat hati saya memutuskan untuk sedikit mengedit dengan menambah maupun mengurangi beberapa point penting  agar terkesan lebih fresh dan  untuk artikel yang saya  kira  tidak dapat bersaing terpaksa saya delete.

Point no.2 . Memang  kesalahan  saya. Terlalu  menumpuk  kata  kunci dalam satu paragraf  alias over optimasi. Tentu jalan satu satunya adalah dengan  menghapus  kata   kunci  yang  berlebihan. Sekedar  informasi menurut  beberapa  artikel  yang  sempat  saya  baca  disarankan untuk menanamkan kata kunci 3-5 dalam satu artikel

Point no.3 . Khusus untuk hak cipta memang merupakan batasan yang dibuat  oleh  Google untuk melindungi blogger lain. Jadi jika  anda ingin menampilkan gambar milik orang lain anda harus mendapat persetujuan dari  orang  yang  bersangkutan  atau paling  tidak  memberikan alamat sumber gambar yang dipakai.

Point no.4 . Sebelum memasukkan eksternal link ke dalam artikel kita pastikan  link masih hidup atau tidak menampilkan pesan error 404. Ini perlu agar kualitas artikel yang kita tulis baik dimata Google

Point no.5 . Komentar  spam  sering  kali  ada pada  situs  populer.  Itu terjadi karna pelaku memang sengaja melakukannya untuk mendapatkan backlink dari situs  yang bersangkutan. Beberapa komentar  spam  yang sering saya jumpai seperti  " Thank gan" ,"Nice artikel" dan masih banyak lagi. Dan jujur saya sering melakukan hal serupa.

"Komentar spam adalah komentar yang tidak relevan dengan topik  artikel yang dibahas atau bisa juga  menanamkan link artikel  yang  beda topik bahasannya."

Setelah  melakukan ke-5 point  diatas akhirnya blog ini dapat keluar dari Google sandbox. Selamat Tinggal Google Sandbox.