Kenali Cara Kerja Virus, Spyware,Malware,Worm dan Trojan

Dengan banyaknya pengguna komputer yang terkoneksi internet setiap harinya, tentu kesempatan ini tidak disiasiakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Mereka menyebarkan virus komputer dengan tujuan memperolah data pribadi target, merusak sistem yang sedang berjalan dan menyebar spam untuk kepentingan pribadi. Ya meskipun ahli keamanan komputer telah mengupdate dan memprotect aplikasi mereka dari serangan virus, spyware,malware,worm dan trojan, akan tetapi tetap saja masih ada celah untuk merusak. Oleh sebab itu kewaspadaan harus tetap terjaga agar kegiatan browsing dan menggunakan aplikasi tetap nyaman.

Perlindungan Dasar

Kebanyakan sistem yang kita gunakan saat ini sudah include dengan fitur keamanan. Contoh kasus adalah microsoft windows, Sistem operasi ini telah dilengkapi dengan windows security center dimana memungkinkan  pengguna agar tetap aman dari serangan luar. Firewall dan windows defender akan menjadi perlindungan dasar anda. Jadi jangan heran apabila akan selalu muncul notifikasi untuk update berkala kedua aplikasi tersebut. Anda cukup terkoneksi internet dan mengaktifkan fitur windows update maka akan secara otomastis proses update berjalan.

Aplikasi Tambahan

Meskipun beberapa aplikasi dasar security telah include dengan sistem, tentu akan lebih aman jika anda menambahkan aplikasi tambahan seperti AVG security, Avast ataupun Norton. Ini perlu dilakukan mengingat intensitas aktifitas  browsing anda yang tidak mengenal waktu dan terkadang pengguna malas untuk melakukan update.

Beberapa aplikasi antivirus didesain untuk dapat mengenali gerak gerik mencurigakan baik itu dari luar maupun dalam dan akan secara otomatis melakukan eksekusi. Sistem komputer akan dilindungi secara real time selama anda tidak menonaktifkannya.

Kenali Cara Kerja Virus, Spyware,Malware,Worm dan Trojan
Virus Komputer

Mungkin alangkah baiknya jika kita mengetahui cara kerja virus, spyware, malware , worn dan trojan sehingga langkah antisipasi dalam dilakukan . Berikut Cara kerjanya :

1.  Virus

Virus komputer didesain untuk dapat mengcloning sendiri dengan jumlah tak terbatas dengan target atau obyek serangan berupa dokumen, gambar, video, musik dan aplikasi yang mana mereka menjadi satu dengan file.Virus akan mulai menyebar jika anda melakukan klik pada file yang terinfeksi karna memang seperti itulah cara kerjanya. Bahkan ada juga virus yang menyamar sebagai aplikasi security, Ini mungkin sedikit membingungkan tapi itulah faktanya. Wah ....jika aplikasi antivirus saja sudah tidak dapat kita percayai, terus siapa dong yang melindungiku dengan segenap jiwa dan raganya...(nglantur).

Disinilah ketelitian anda akan diuji. Menggunakan aplikasi pun tidak boleh asal, ....asal jalan dan gratisan terkadang menjadi pilihan. Gunakan aplikasi yang memang sudah terbukti kehandalannya atau paling tidak anda pernah mendengar nama aplikasi tersebut. 

2.  Spyware

Tanpa disadari ternyata ketika kita mengunjungi situs tertentu spyware mulai melancarkan aksinya dengan mengambil informasi pribadi dan merekam history browsing kita. Ini biasanya digunakan untuk kepentingan promosi. Contoh kasus ketika anda mengunjungi situs X dengan produk Z maka ketika anda sudah terkena spyware, iklan dari produk Z akan selalu muncul saat anda browsing biasa ataupun sedang aktif di sosial media. Jadi jangan heren jika hal tersebut sedang anda alami sekarang? Anda tentu sudah tahu jawabannya kan.. ?

Meskipun hanya untuk kepentingan promosi semata yang namanya privasi tetaplah privasi yang tentu kita tidak ingin orang lain tahu. Untuk dampak yang lebih merusak terkadang spyware juga disisipi keylogger sehingga dapat merekam semua aktifitas keyboard kita. Coba anda bayangkan bagaimana mudahnya orang lain masuk ke akun kita jika hal tersebut terjadi.

3.  Malware

Yang satu ini memang diciptakan untuk kejahatan. Mula mula malware akan masuk ke sistem tanpa izin dan melakukan eksploitasi seperti menghapus, memanipulasi bahkan mencuri data sesuai kehendak Si pengirim. Cara penyebaran pun bermacam macam bisa dari software, internet dan paling sering melalui pesan E-mail. Jadi lakukanlah filter terhadap setiap pesan yang masuk ke Email, Jangan membuka Email dari orang yang tidak dikenal bahkan mengklik link yang ada didalamnya.

4.  Worm

Bebeda dengan virus, Worm akan langsung menginfeksi sistem komputer secara otomatis tanpa memerlukan bantuan. Namun anda jangan khawatir karna meskipun begitu worn hanya dapat bekerja pada sistem yang mempunyai celah keamanan yang akut.

5.  Trojan

Sama halnya dengan spyware, Trojan juga  ditujukan untuk mencuri data pribadi pengguna yang mana ia akan mengirim secara otomatis data ke alamat yang sudah ditentukan. Trojan biasanya ada pada file crack ataupun patch untuk game dan software.

Semoga artikel ini dapat sedikit membuka wawasan sehingga kita lebih waspada dan antisipatif terhadap segala kemungkinan serangan.