Tips Memilih Cooling Pad Laptop Yang Sesuai

Tips Memilih Cooling Pad Laptop Yang Sesuai

Menjaga setiap komponen yang ada dalam laptop adalah sebuah keharusan untuk tetap menjaga agar komponen seperti processor, vga card maupun mother tetap dalam kondisi top performance. Tentu anda tidak ingin perkerjaan anda terganggu hanya karna  laptop overload / crash karna kepanasan. Jika kondisi ini terus dibiarkan tentu berdapak besar terhadap kerusakan beberapa komponen penting dan ujung ujungnya uang pun berbicara.

Bukan masalah besar jika anda masuk jajaran kategori orang berkecukupan, Lah terus gimana dengan nasib anak kost seperti saya ini wong mau makan aja kadang ngutang ke warung terdekat. Saya jadi ingat sebuah pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati Nah khusus pada kasus kali ini mungkin kalimatnya bisa diubah agar terlihat lebih match dengan topik bahasan. Ya, mendinginkan lebih baik dari pada menduiti. Terkesan maksa banget ya........

Tips Memilih Cooling Pad Laptop Yang Sesuai

Bicara masalah mendinginkan tentu tentu kita tidak bisa lepas dari yang namanya cooling pad. Ya, konon katanya benda ini mempunyai kemampuan khusus di bidang pendinginan. Entah itu hanya mitos atau sebuah fakta yang perlu ditelaah lebih mendalam. Namun kita tidak akan membahas itu melainkan hal yang lebih sentimentil dari itu. Tips memilih cooling pad laptop yang sesuai akan menjadi judul pada artikel kali ini. Mungkin agak terdengar sepele tapi ini akan sangat menentukan keberlangsungan laptop anda. Dan semoga beberapa tips dibawah ini menjadi acuan sebelum membeli cooling pad yang sesuai untuk laptop anda.

1.  Kipas Pada Cooling Pad

Jika anda teliti jumlah kipas pada cooling pad di pasaran bervariatif. Ada satu kipas namun dengan ukuran yang jumbo, 2 kipas ukuran sedang dengan posisi pola sejajar , 3 kipas ukuran kecil dengan posisi pola membentuk segitiga dan terakhir 4 kipas ukuran kecil dengan posisi pola membentuk persegi. Sebelum membeli lihat terlebih dahulu bagaimana posisi lubang ventilasi pada bagian bawah laptop anda. Usahakan posisi kipas cooling pad sesuai dengan lubang ventilasi laptop.

2.  Jenis Cooling Pad

Terdapat 2 jenis cooling pad. Pertama, kipas cooling pad dengan angin mengarah keatas, Jika anda memilih jenis ini anda harus sedikit meluangkan waktu untuk rajin untuk membongkar laptop anda karna cooling pad jenis ini berpotensi mengangkat debu debu masuk melalui lubang ventilasi laptop. Kedua, kipas cooling pad dengan angin mengarah kebawah. Ini sangat saya rekomendasikan karna perputaran angin ke bawah dapat menyerap suhu panas laptop anda keluar.

3.  Ukuran Cooling Pad

Usahakan dimensi cooling pad sama besarnya dengan dimensi body laptop anda. Ini penting karna sering kali kita salah dalam memilih yang tentu angin yang dihasilkan tidak dapat mengcover secara maksimal suha panas laptop.

4.  Putaran Kipas 

Teorinya cukup sederhana, semakin cepat putaran kipas tentu angin yang dihasilkan akan semakin besar. Jika perlu gunakan indra perasa maupun pendengaran anda, dekatkan telinga anda lebih dekat dengan putaran kipas dan rasakan secara seksama (saran)

5.  Jangan Terjebak Harga

Terkadang jika kita ingin membeli barang pasti yang dicari adalah murah dan berkualitas. Tidak anda yang salah dengan ini tapi perlu diingat bahwa kualitas berbanding lurus dengan harga. Kita asumsikan harga termahal dari sebuah cooling pad adalah 2 ratus ribu, coba banding dengan biaya anda service laptop yang bisa sampai ratusan ribu bahkan jutaan untuk penggantian komponen.