Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menghapus Posting Blog

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menghapus Posting Blog

Dalam dunia blogging Menghapus Posting Blog adalah wajar. Ada beberapa alasan kenapa seorang blogger sampai menghapus sebuah posting yang mana sudah menjadi web page dari situs maupun blog. Pertama, kata kunci dari posting yang dibahas sudah kadaluarsa atau tidak masuk dalam trend pencarian terkini. Kenapa harus dihapus ? Alasan sangat simple, kebanyakan masyarakat internet cenderung mencari informasi berdasarkan trend terkini ya meskipun ada beberapa kata kunci yang mampu bertahan sampai bertahun tahun sebagai kata kunci paling banyak dicari. Oleh sebab itu seorang blogger disarankan untuk melakukan survei terhadapat kata kunci yang dibahas, bisa menggunakan google keyword planner atau bisa memantau secara statistik berapa unique visitor yang mengunjungi posting yang dimaksud. Jika sudah mendapat data yang akurat tentu tak perlu berfikir ulang untuk menghapus toh dengan menghapus posting tidak akan berpengaruh pada trafic maupun penghasilan bahkan mungkin memberikan kesan bahwa blog anda selalu membahas hal yang Up to date.

Kedua, posting yang dimaksud terkena pinalty / banned  karna terdeteksi oleh sistem google telah melanggar TOS (Term Of Service). Terdengar sangat menyeramkan memang. Ya dampak secara langsung ketika suatu blog terkena banned adalah menurunnya traffic blog apalagi jika blog anda dimonitize dengan Goole adsense, tentu pendapatan akan menurun seiring dengan penurunan traffic blog. Jika sudah begitu menghapus posting adalah sebuah langkah antisipasi sebelum blog kita benar benar dibanned seluruhnya.

Namun ada beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah menghapus posting blog yaitu meminta google untuk segera menghapus tautan post dari indeks pencarian sebagai langkah antisipasi munculnya banyak broken link dikemudian hari. Entah itu posting kadaluarsa ataupun yang terkena banned semua perlu diproses secara benar. Untuk melakukan itu semua anda bisa memanfaatkan tools yang disediakan oleh google. Jika anda sudah berkecimpung di dunia blogging cukup lama tentu Google Webmaster Tools bukanlah barang asing lagi atau bagi anda yang pemula tentu anda datang ke tempat yang tepat.

Cara Menghapus Posting Blog Menggunakan Bantuan Google Webmaster Tool

  • Buka Alamat Google Webmaster Tools Disini

Klik tombol masuk sebelah kanan pojok atas masuklah menggunakan akun gmail anda. Kita asumsikan anda pernah mendaftarkan / claim blog di Google Webmaster Tool sebelumnya.
Tampilan Setelah Login Menggunakan Akun Gmail
Tampilan Setelah Login Menggunakan Akun Gmail
Terdapat Url hompage dari blog bengkelkomputek yang sebelumnya pernah saya claim. Klik tombol kelola properti → tambahkan atau hapus pengguna maka anda akan langsung diarahkan ke halaman utama
Garis Warna Merah Adalah Alamat Email Yang Digunakan Untuk Login
Garis Warna Merah Adalah Alamat Email Yang Digunakan Untuk Login

  • Masuk ke menu Google index → Hapus Url

Histori Url / Link Yang Pernah Dihapus
Histori Url / Link Yang Pernah Dihapus
Copy terlebih dahalu Url / Link posting yang sebelumnya dihapus lalu klik tombol sembunyikan sementara. Masukkan linknya → Teruskan.
Jenis Permintaan Penghapusan Url
Jenis Permintaan Penghapusan Url

Pilih Jenis Permintaan yang diinginkan setelah itu klik tombol kirim. Maka Google akan memproses permintaan anda segera
List Url Yang Masuk Daftar Permintaan
List Url Yang Masuk Daftar Permintaan

Sampai disini permintaan agar google Menghapus Posting Blog dari daftar index dan mencegah proses crawl / perayapan kembali.
Semoga topik bahasan kali bisa sedikit membuka wawasan kita tentang bagaimana tindakan yang harus dilakukan setelah menghapus posting blog sebagai upaya antisipasi terjadinya broken link di kemudian hari.