Pertimbangan Sebelum Memilih Cloud Computing Untuk Bisnismu

Pertimbangan Sebelum Memilih Cloud Computing Untuk Bisnismu

Pernahkah kalian mendengar istilah Cloud Computing atau dalam bahasa indonesia berarti komputasi awan. Jika belum tentu tidak ada salahnya untuk membaca ini terlebih dahulu sebelum masuk ke topik bahasan. Banyak masalah yang dihadapi seorang custumer dalam menjatuhkan pilihan yang tepat untuk layanan cloud computingnya. Dan itu adalah kondisi yang normal, karna kita pasti dihadapkan dengan berbagai pilihan yang sulit.

Setiap penyedia layanan tentu akan berlomba lomba mengklaim bahwa dirinya lah yang terbaik dari yang lain meskipun dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Marketing memang seperti itu, tentu akan terdengar lucu apabila mereka terlalu merendahkan diri dan lebih menonjolkan kekurangannya dari pada kelebihannya. Perlu diketahui bahwa tidak semua layanan cloud computing didesain dengan performa yang sama. Oleh sebab itu anda disini dituntut menjadi pribadi yang cerdas dalam memilih.
Pertimbangan Sebelum Memilih Cloud Computing Untuk Bisnismu
Ilustrasi Cloud
Sesuai judul artikel maka disini kita akan mengulas beberapa poin penting yang mana ini bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan yang tepat sesuai bisnis yang akan anda mulai. Berikut ulasannya :

1.  Kualitas Layanan

Apa yang anda harapkan selain kualitas ? Saya kira ini adalah poin yang paling penting sebelum melangkah lebih jauh lagi. Anda tentu tidak mau mendapat layanan yang seadanya tapi dituntut untuk membayar lebih. Penyedia layanan yang baik adalah yang mampu mengakomodir segala keperluan customer baik itu secara teknis maupun non teknis.

2.  Safety is Everything

Kebocoran informasi adalah suatu hal yang sangat merugikan apalagi anda bergelut di dunia bisnis. Memilih penyedia layanan sama halnya seperti  menyerahkan setengah dari roh bisnis yang anda geluti kepada orang lain, tentu disini adalah orang yang anda percayai (penyedia layanan). Apa jadinya jika data data pribadi bocor apalagi diketahui oleh lawan bisnis. Bisa anda bayangkan sendiri 

3.  Budget Yang diperlukan

Ini adalah salah satu hal yang paling mendasar, Perlu diingat bahwa adalah beberapa skema pembayaran umum yang ditetapkan oleh provider cloud. Ada skema tarif per jam, bulanan, per semester atau triwulan dan yang terakhir adalah tahunan. Untuk harga pun cukup bervariatif tergantung permintaan ataupun kesepakatan kedua pihak. Namun harga terendah untuk sebuah penyewaan jasa cloud per user adalah $1 per bulannya. Jadi siapkan budget sesuai kebutuhan bisnis anda.

4. Lokasi Data

Jika anda memutuskan untuk menempatkan semua data pribadi anda di luar negeri ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Pertama adalah reputasi dari provider itu sendiri. Adalah hal yang tidak mungkin mempercayakan data berharga kepada provider yang belum jelas rekam jejaknya. Kedua pastikan bahwa lokasi data yang dipilih jauh dari kemungkinan gangguan bencana alam atau paling tidak mempunyai fasilitas backup data yang bagus.

5. Kompensasi Yang Akan Didapat

Human error ataupun sistem error adalah masalah yang serius. Tiba tiba kehilangan data sering kali terjadi pada layanan cloud, Karnanya perlu adanya kesepakatan antara customer dan provider dalam hal kompensasi sehingga anda tidak merasa dirugikan Atau paling tidak anda bisa langsung menanyakan bagaimana prosedur pengembalian data yang terhapus secara tidak sengaja kepada provider.

6. Dukungan 24 Jam

Sebagai customer terkadang ada beberapa pertanyaan yang muncul secara tiba tiba atau bagi anda yang masih awan dengan dunia cloud tentunya dukungan dari provider adalah hal yang mutlak. Provider yang baik tentu selalu memberikan jawaban atas pertanyaan anda kapan pun dibutuhkan selama 24 jam.

7. Downtime History

Seberapa seringkah provider yang anda pilih mengalami down layanan dalam setahun. Anda perlu mengetahui track record provider, Anda bisa menanyakan secara langsung atau mungkin membaca beberapa reviews dari pengguna lain.