Panduan Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Wajib Baca

Panduan Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Wajib Baca

Youtube adalah platform sharing video yang dimiliki oleh Google dimana sejak pertama kali berdiri pada tahun 2005 mengalami banyak perubahan. Dari yang awalnya hanya sebagai media untuk saling berbagai video atau momen penting, kini telah menjelma sebagai ladang untuk meraup pundi pundi uang.

Kepopuleran platform ini kini mulai ramai dimanfaatkan oleh kreator dalam negeri untuk mencoba peruntungan di dunia konten video dan memang tidak sedikit yang sukses dibidang ini. Melihat fenomena ini mulai banyak orang orang yang tertarik mengikuti jejak meraka, Namun masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana sistem atau cara mendapatkan uang dari youtube.

Bagi kamu yang sudah lama bergelut di bidang internet marketing tentu sudah pernah mendengar atau sangat familiar dengan Google Adsense. Bagi yang belum tahu, Google Adsense adalah jaringan iklan milik Google yang biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi tertentu untuk memperkenalkan produknya.

Dengan mengintegrasikan channelmu dengan akun adsense ,video yang kita upload dapat dimonetisasi dengan iklan.
Panduan Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube, Wajib Baca

Ada beberapa sistem harga iklan yang ditetapkan oleh Youtube. Pertama CPC, dimana pemilik konten akan mendapatkan bayaran jika iklan gambar atau banner yang muncul di video diklik oleh pengunjung. Kedua CPM, dimana pemilik konten akan mendapatkan bayaran per seribu kali tayang iklan. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan uang dari Youtube berikut langkah langkahnya :

1. Buatlah Akun Google

Baca : Cara Membuat Akun Google Dan Mengintegrasikannya Dengan Cepat Dan Mudah

Akun google dibutuhkan untuk melakukan login di Youtube. Bagi kamu yang sudah memiliki akun google / Gmail bisa melewati langkah ini. Ingat !! hanya Gmail, platform lain tidak bisa digunakan untuk login ke Youtube.

2. Buka Youtube.com

Silakan lakukan login dengan akun yang sudah dibuat sebelumnya dengan mengklik tombol login dibagian samping kanan atas layar. Setelah itu masukkan alamat dan password gmail kamu.
Login akun youtube
Login akun sukses

Dengan ini akun Youtube anda sudah terintegrasi atau dibuat dengan akun google yang dibuat sebelumnya.

3. Buat Channel Dan Upload Video

Klik icon gambar profil kamu lalu akan muncul menu Creator Studio, lalu masuk. Setelah masuk pada halaman pertama akan muncul menu " Buat Channel ". Klik menu tersebut.
Buat channel youtube
Buat channel youtube

Setelah itu tulis nama Channel yang akan dibuat, secara (Default) masih menggunakan nama sesuai dengan profil Google plus tapi disini kamu bisa menggunakan nama yang berbeda sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya adalah upload video pertama kamu, untuk durasi video tidak ada ketetapan khusus harus berapa panjang tapi paling tidak usahakan minimal 5 menit dan berisi konten informatif maupun menghibur. 

Perlu diketahui bahwa Youtube mempunyai peraturan yang sangat ketat soal hak cipta atau copyright, jadi upload video yang benar benar original buatan kamu mulai dari segi video maupun audio. Untuk cara upload video klik tombol yang dilingkari merah
Upload video youtube

Pilih file video di folder PC atau laptop kamu, bisa juga langsung tarik video dari folder ke menu upload. Atur privasi publik untuk dapat dilihat semua pengguna platform Youtube atau pribadi untuk hanya bisa dilihat oleh kamu. Proses upload tergantung dengan kecepatan koneksi yang dipakai dan ukuran video yang diupload jadi tunggulah dengan sabar.

4. Monetize video kamu

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mendapatkan uang dari youtube kamu perlu memonetisasi video kamu dengan google adsense sehingga iklan bisa muncul di video. Untuk cara daftar adsense melalui youtube kamu bisa baca panduan Google langsung disini

5. Tingkatkan Popularitas channel

Ada beberapa faktor penentu popularitas sebuah channel :
  • Subscriber. Bisa dibilang inilah viewer setia kamu, setiap video yang kamu upload subscriber akan menjadi orang pertama yang akan menonton video yang baru saja diupload. Jadi semakin banyak subscriber suatu channel samakin besar view atau jumlah tonton video. Semakin banyak jumlah view suatu video secara otomatis akan berpengaruh pada pendapatan.
  • Like, komentar dan share. Selain subscriber jumlah like, komentar dan share juga berpengaruh pada ranking kamu di pencarian Youtube. Jadi buatlah konten yang informatif dan menghibur.
  • Durasi tonton. Ini adalah salah penilaian terbaru yang digunakan oleh Youtube untuk menentukan popularitas sebuah Channel, Semakin lama durasi suatu video ditonton maka dampaknya tentu akan semakin baik.

Bagaimana cara meningkatkan popularitas Channel ?

Pertama, promosi melalui sosial media adalah cara yang tepat dan gratis meskipun ada sebuah cara instan yaitu mempromosikan Channel dan video kamu melalui fitur iklan yang tentu berbayar. Kedua, melakukan optimasi kata kunci video popular yang tentu butuh research yang lebih mendalam. Terakhir buatlah konten yang berkualitas dengan intensitas upload yang terjadwal.

Update Info !!
Saat ini Youtube telah memberlakukan aturan baru dimana untuk setiap kreator yang ingin memasang iklan minimal channel mempunyai views diatas 10.000. Apabila syarat tersebut sudah terpenuhi maka pihak Youtube akan meninjau ulang apakah channel kamu layak untuk menjadi partner. Hal itu dilakukan untuk memerangi konten re-upload dan plagiat

Sekian panduan cara mendapatkan uang dari Youtube semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang tertarik untuk mencoba peruntungan di Youtube. Terakhir selamat mencoba dan Good Luck.