Cara Mengatasi PDF Tidak Bisa Print, Edit dan Copy Dengan Mudah

Buat kamu yang sering menyimpan file / dokumen, tentu sudah tidak asing lagi dengan format atau ekstensi (.pdf). Bersama Microsoft Office (.docx / .xlsx) PDF (Portable Document Format) menjadi salah satu aplikasi populer untuk menyimpan dokumen secara digital. 

Ia pertama kali diperkenalkan oleh Adobe System pada tahun 1993 dengan fungsi untuk mempresentasikan dokumen 2 dimensi seperti teks, huruf, citra dan grafis vektor. Selain itu PDF juga mendukung  pembacaan dokumen 3 dimensi.

Sama halnya dengan (.docx) yang membutuhkan aplikasi Microsoft Word untuk membukanya. PDF membutuhkan aplikasi bernama Acrobat Reader " Saat ini bernama Adobe Reader " yang tersedia secara trial / free dan Versi Pro untuk komersil.
Cara membuka proteksi PDF
Cara membuka proteksi PDF
Sesuai judul diatas, disini kita akan membahas cara mengatasi PDF tidak bisa print, edit maupun copy. Secara umum alasan kenapa kita tidak bisa melakukan ketiga fungsi diatas adalah karena file PDF yang sedang dibuka menggunakan fitur proteksi bawaan sehingga membatasi pengguna untuk mengakses lebih jauh. 

Tujuan utamanya tentu untuk melindungi isi dari dokumen sehingga tidak dirubah maupun diperbanyak oleh orang-orang yang tidak mempunyai izin dari pemilik / penulis asli. Dan biasanya hal tersebut dilindungi secara hukum. Jadi apakah kita tidak bisa membukanya ? Jawabannya bisa iya atau tidak. Tergantung seberapa rumit enkripsi atau password yang digunakan.

Salah satu cara mudah untuk membuka kunci / password / proteksi dari PDF adalah dengan menggunakan aplikasi online gratis yang disediakan oleh smallpdf.

1. Buka smallpdf.com

Drag atau unggah file PDF yang diproteksi

Tersedia beberapa opsi dimana kamu bisa langsung dapat mendrag file ke halaman atau jika file yang akan dibuka sudah pernah disimpan di layanan cloud hosting seperti Google Drive atau Dropbox, kamu cukup mensinergikan akunmu dengan smallpdf.

Centang perjanjian untuk membuka enkripsi
Setelah proses drag atau mengambil file dari cloud hosting selesai centang seperti gambar diatas dan file akan secara otomatis diproses / dibuka enkripsi / proteksinya. Pada proses ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung seberapa rumit proteksinya.

2. Download file yang sudah terbuka

Download file yang sudah dibuka proteksinya
Jika berhasil aplikasi Adobe Reader sudah bisa melakukan 3 fungsi yaitu Print, Edit dan juga Copy. Namun perlu diingat bahwa Adobe Reader versi trial / free hanya dapat melakukan print dan copy saja. Sedangkan jika ingin melakukan editing kamu membutuhkan versi PRO.

Sekian tips bagaimana cara membuka proteksi file PDF semoga bermanfaat dan bisa digunakan secara bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel