2 Cara Memblokir Iklan Adsense Dengan Mudah

Ada beberapa alasan kenapa seorang publiser memblokir iklan adsense pada blog mereka diantaranya karena nilai cpc (cost per click) yang terlalu rendah atau bisa juga karena beberapa iklan yang muncul berunsur negatif / tidak relevan dengan topik blog. Mencekal iklan adalah hal yang lumrah karena itu memang tidak melanggar TOS (term of service) bahkan Google sendiri menyediakan fitur khusus untuk melakukan hal tersebut.

Namun satu hal perlu kita ketahui bahwa memblokir iklan secara acak dapat menurunkan potensi penghasilan karena pemblokiran tersebut secara tidak langsung mengurangi persaingan lelang pengiklan untuk muncul pada blog. Jadi sangat disarankan untuk hanya mencekal iklan-iklan yang memang tidak sesuai dengan target pengunjung anda atau iklan yang mempunyai cpc yang rendah.

Nah bagi kalian yang sudah mempunyai target iklan yang akan dicekal dengan memperhitungkan segala sesuatunya melalui sedikit riset tentu alangkah baiknya untuk segera melakukan eksekusi. Namun tidak sedikit juga beberapa publiser khususnya yang baru diterima adsense masih kebingungan untuk melakukannya. Jika kalian salah satunya tentu artikel ini bisa sedikit membantumu.

Disini kita akan belajar bagaimana cara mencekal iklan adsense menggunakan beberapa filter yang umumnya digunakan oleh banyak publiser seperti peninjauan iklan secara langsung, berdasarkan ketegori umum, berdasarkan URL dan jaringan iklan. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa mengikuti langkah - langkah seperti dibawah ini namun sebelumnya lakukan login terlebih dahulu ke akun adsense untuk masuk ke dashboard.
Dashboard adsense
Dashboard Awal

1. Peninjauan iklan secara langsung

Pada dashboard awal kita akan disuguhkan beberapa menu utama salah satunya adalah Izinkan & Cekal iklan. Klik pada menu tersebut untuk masuk ke pusat peninjauan iklan.
Memblokir iklan melalui pusat peninjauan iklan
Daftar iklan yang sering muncul di blog
Dari gambar diatas kita ditunjukkan beberapa desain iklan dari pihak pengiklan yang sering tampil pada blog. Untuk memblokir caranya cukup tekan tombol yang dilingkari (no.2) maka dalam beberapa jam atau hari iklan sudah tidak akan muncul lagi.

Tips :
  • Cekal iklan yang kiranya mempunyai CPC rendah (Riset terlebih dahulu)
  • Cekal iklan yang mempunyai desain maupun teks negatif
  • Cekal iklan yang menggunakan bahasa asing. Inggris bisa dipertimbangkan

2. Blokir berdasarkan kategori

Selain meninjau secara langsung, Google juga menyediakan fitur untuk mencekal iklan berdasarkan beberapa kategori yang dipilih. Caranya cukup arahkan kursor pada menu "semua situs saya" atau spesifik pada domain / blog tertentu. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
Memblokir iklan adsense berdasarkan kategori
Filter berdasarkan kategori
Filter iklan berdasarkan URL.

Untuk menggunakan filter ini kalian harus mengetahui Url dari pihak pengiklan ( ex : www.blibli.com)  setelah itu cukup masukkan Url tersebut lalu tekan tombol Blok Url.

Filter iklan berdasarkan kategori umum
Memblokir iklan adsense berdasarkan kategori umum
Filter berdasarkan kategori umum
Untuk mencekal menggunakan fitur ini cukup arahkan kursor pada slide-button yang terletak pada bagian samping kiri gambar dan secara otomatis muncul notifikasi "Diblokir". Sangat disarankan untuk memblokir kategori iklan yang memang diluar dari topik blog karena tips ini terbukti dapat meningkatkan rasio klik per tayang.

Filter iklan berdasarkan kategori sensitif

Sama halnya dengan filter kategori umum, disini kalian cukup klik slide-button maka secara otomatis iklan akan langsung diblokir. Kategori ini berisikan iklan-iklan yang berunsur cukup sensitif terutama bagi masyarakat kita seperti iklan kasino.

Filter iklan berdasarkan jaringan iklan

Untuk jaringan iklan yang dimaksud ini saya kurang begitu memahami apakah mereka dikategorikan sebagai pelanggan dari adword secara langsung atau mereka adalah pihak ketiga yang menjembatani antara pengiklan dengan google. Saya secara pribadi juga jarang menggunakan filter ini namun jika kalian tertarik caranya sama persis dengan mencekal iklan kategori umum dan sensitif.

Itulah beberapa cara memblokir iklan adsense menggunakan filter khusus. Namun seperti yang sudah saya ungkapkan diatas bahwa memblokir iklan secara acak dapat berakibat pada menurunnya potensi pendapatan terlebih lagi jika iklan yang tidak sengaja kalian cekal adalah iklan yang mempunyai nilai CPC yang tinggi. Oleh sebab itu gunakan secara bijak dengan melakukan sedikit riset terlebih dahulu. 

Semoga artikel ini bisa sedikit menambah wawasan kita tentang adsense. Akhir kata selamat mencoba dan semoga penghasilan kita semua semakin bertambah. Amin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel