Cara Memperkecil Ukuran File Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

Memperkecil File Gambar - Gambar adalah sebuah obyek diam baik berwarna maupun hitam putih yang dihasilkan oleh kamera maupun goresan tangan untuk mengabadikan momen di waktu tertentu. Bagi seorang blogger, gambar adalah salah satu elemen penting / pendukung dari suatu karya tulis yang dibuat. Dengan menyisipkan beberapa gambar pada postingan pembaca dapat lebih memahami isi konten dalam bentuk obyek visual yang masih berkaitan sehingga diharapkan informasi dapat diterima dengan baik.

Masalahnya sering kali kita dihadapkan pada ukuran file (kb, mb) gambar yang terlalu besar sehingga membuat kita berfikir ulang untuk menjadikan gambar tersebut sebagai bagian dari isi artikel. Karena seperti yang kita ketahui bahwa gambar yang terlalu besar juga akan berdampak pada kecepatan loading dari halaman blog. Jika sudah begitu tentu peluang untuk mendapatkan pembaca potensial juga semakin berkurang.

Buat kalian yang memang bergelut di bidang internet marketing seperti google adsense maupun afiliasi tentu akan lebih memilih menghindarinya dengan cara memperkecil / mengkompres ukuran file gambar agar semakin ramping tanpa mengurangi kualitas gambar.

Nah buat kalian yang masih bingung bagaimana cara melakukannya disini saya ingin sedikit berbagi pengalaman dan tentu cara ini sangatlah mudah bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Yang kalian butuhkan hanya sebuah tools bernama Caesium. Ia adalah sebuah software khusus yang digunakan untuk mengkompresi ukuran file agar semakin kecil sampai dengan 90% dari size normal.

Untuk softwarenya sendiri kalian bisa mendownloadnya secara gratis melalui link disini. Tersedia 2 jenis tools yaitu installer (Wajib diinstal di komputer / laptop) maupun portable (tanpa install). Pada tutorial kali ini saya menggunakan versi portable karena lebih simpel tanpa ribet.

1. Install aplikasi seperti biasa, bagi yang menggunakan versi portable bisa melewati tahap ini
Cara Memperkecil Ukuran File Gambar 1
Tampila awal caesium ketika dibuka

2. Klik pada menu file - add pictures ( Ctrl + O) ->  pilih gambar  ->  Open
Cara Memperkecil Ukuran File Gambar 2
Pilih gambar yang akan dikompres
Beberapa format file yang didukung / bisa dikompress yaitu file yang berekstensi (.png , .jpg /.jpeg , .bmp , .tif / .tiff , .ppm , .xbm , .xpm). Selain yang sudah disebutkan tidak / belum bisa.

3. Pilih Output folder (tempat menyimpan hasil kompress) -> centang pada checklist keep structure ->  atur quality outputnya.
Cara Memperkecil Ukuran File Gambar 3
Ikuti urutan nomer

4. Langkah terakhir tekan compress 


Hasil kompress akan secara otomotis tersimpan pada direktori output folder yang dipilih. Untuk hasilnya sendiri tergantung pada kualitas asli dari file gambar, semakin bagus maka semakin baik. Pada beberapa kasus jika ukuran file memang sudah kecil dan dipaksakan dikompress berakibat pada gambar rusak / blur. Perlu diperhatikan juga bahwa pengaturan pada quality juga berpengaruh jadi teman-teman bisa beberapa kali mencoba sampai menemukan formula yang pas.

Sebenarnya selain menggunakan Caesium kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi online untuk mengkompres file gambar atau bisa juga menggunakan plugin bagi pengguna platform wordpress.org. Hanya saja  kedua cara tersebut membutuhkan koneksi internet.

Sekian topik bahasan kali ini, semoga tutorial diatas bisa sedikit menambah ilmu dan bermanfaat bagi kamu yang mempunyai hobi ngeblog, fotografi dll.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel