Cara Print File Di Microsoft Excel Tanpa Terpotong Dengan Mudah

Melakukan print file atau dokumen di Microsoft Excel agar tidak terpotong dan sesuai dengan ukuran kertas yang diinginkan sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja memang beberapa orang masih bingung karena memang caranya sedikit berbeda dengan yang biasa kita lakukan di Microsoft Word. Jika pada Word kita cukup mengatur ukuran kertas, atur margin lalu file siap diprint lain halnya dengan di Excel. Kita perlu melakukan seleksi terlebih dahulu teks atau tabel yang akan diprint, setelah itu baru melakukan print area.

Print area digunakan untuk menetapkan satu area seleksi yang dipilih agar printer hanya mencetak area tersebut tanpa mencetak seluruh lembar kerja sehingga secara otomatis  hasil cetakan tidak akan terpotong meskipun teks atau tabel yang akan diprint mempunyai karakter kata maupun rentang sel yang panjang.

Dari penjelasan diatas diharapkan teman-teman sudah memiliki sedikit gambaran tentang bagaimana cara melakukan print file di Excel. Namun jika masih bingung kalian tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan dijelaskan secara sistematis tanpa terkecuali. 

Cara Melakukan Print File di Microsoft Excel Dengan Mudah Tanpa Terpotong

1. Buka file Excel yang hendak diprint / cetak
Membuka file excel yang akan diprint

2. Setelah file Excel terbuka lakukan seleksi pada bagian teks atau tabel lalu arahkan kursor pada menu atas ( Page Layout -> Print Area -> Set Print Area).
Set print area file excel yang akan diprint

Background berwarna biru adalah area seleksi yang sudah kita tetapkan sebagai default untuk diprint. Pada tahap ini file sudah siap diprint namun jika masih ada beberapa bagian yang masih terpotong kalian bisa mengurangi persentase (%) pada scale atau bisa juga merubah nilai width menjadi 1 page untuk area seleksi yang memanjang ke samping (Set = landscape) atau height 1 page untuk area selesi memanjang ke bawah (Set = potrait).

Namun perlu diingat bahwa perhitungan diatas tidaklah mutlak karena tergantung pada luasnya area seleksi dan juga ukuran kertas yang dipilih. Untuk mengecek apakah hasil print area sudah sesuai yang diinginkan tekan  Ctrl + F2.

3.  Memilih orientasi kertas, ukuran kertas dan juga margin jika jarak tepi sebelah kanan dan kiri tidak sama (optional). 

Melakukan print preview file yang sudah diseleksi

Jika dilihat print preview diatas sudah rapi dan bagus dengan penambahan setting landscape orientation, kertas F4 ( 21 x 33 cm) dan margin kiri =  0.95 '' dan kanan = 0.45''. Langkah terakhir yaitu print file menggunakan printer default.

Bagaimana cukup mudah bukan ? memang untuk awalnya agak sedikit membingungkan tetapi jika kita sering mempraktekkannya semua akan terbiasa. Pada beberapa kondisi, pengaturan / setting bisa berbeda - beda setiap filenya namun jika sudah memahami fungsi-fungsi yang sudah dijabarkan diatas maka itu bukan menjadi masalah.

Itulah sedikit pembahasan tentang bagaimana cara melakukan print file di Excel. Semoga apa yang sudah dijelaskan diatas sedikit menambah wawasan kita dan bermanfaat dalam pekerjaan dikemudian hari. Terima kasih....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel