Cara Menambahkan Video Di Microsoft PowerPoint Dengan Mudah

Buat kalian yang saat ini sedang bekerja di perusahaan atau sedang menjadi mahasiswa tentu sudah sangat akrab dengan salah satu aplikasi yang termasuk ke dalam jajaran paket Microsoft Office. Ya benar, aplikasi yang saya maksud disini adalah PowerPoint, aplikasi yang sangat powerful utamanya bagi mereka yang hobi presentasi. Dengan menggunakan sistem slide per halaman tentu memudahkan audiens untuk lebih cepat menangkap poin - poin penting yang disampaikan oleh pembicara.

Umumnya PowerPoint bekerja dengan bantuan proyektor untuk merefleksikan visual dari komputer / laptop ke banyak orang. Namun kita juga dapat mencetak setiap slide presentasi atau juga membentuknya sebagai dasar dari webcast ( Sebuah siaran melalui WWW). Selain dapat menambahkan properti gambar PowerPoint juga mendukung penambahan file video berformat MP4, MKV, mpeg, Flash dan lainnya.

Berbicara masalah video mungkin ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara menambahkan atau memasang video di Microsoft PowerPoint. Nah jika kalian termasuk dari orang - orang tersebut tentu artikel ini bisa sedikit membantu menjawab rasa keingintahuanmu. Sebelum kita memulai tutorialnya tentu alangkah baiknya jika teman - teman memeriksa terlebih dahulu versi Microsoft Office yang dipakai, usahakan menggunakan versi yang lebih baru.

Disini saya menggunakan Office 2010 namun jika teman - teman menggunakan versi diatasnya tidak jadi masalah karena perbedaan antar muka maupun lokasi fitur Insert Video tidak akan berbeda jauh.

Cara Menambahkan Atau Memasang Video Di Microsoft PowerPoint

Langkah pertama : Buka aplikasi Microsoft PowerPoint maka akan muncul antar muka seperti pada gambar dibawah ini.

Antar muka Microsoft PowerPoint

Langkah kedua : Masuk pada menu Insert - Video - Video From File. Lalu pilih lokasi video yang akan dimasukkan

Menambahkan atau memasang video pada PowerPoint

Catatan :

Apabila muncul notifikasi error seperti ini " PowerPoint cannot insert a video from the selected file. Verify that the path and the file format are correct and also ry installing the latest version of the Apple Quicktime player, restart PowerPoint and the try again " Maka ada dua kemungkinan dimana bisa jadi format video tidak didukung atau belum install aplikasi Quicktime Player.

Download aplikasi Quicktime Player disini

Install aplikasi seperti biasa dengan mengikuti instruksi yang diberikan setelah itu tutup kembali PowerPoint lalu restart PC / Laptop.

Buka kembali PowerPoint lalu ulangi kembali Langkah kedua. Video akan secara otomatis terpasang pada slide yang dipilih. Proses pemasangan bisa memiliki durasi yang berbeda - beda tergantung pada panjang / ukuran file video jadi tunggulah sampai prosesnya selesai.

Selain menggunakan video yang sudah tersimpan pada PC / Laptop PowerPoint juga mendukung video embedded. Caranya hampir sama yaitu masuk kembali ke menu Insert - Video - Video From Web Site.

Langkah pertama : Cari video yang akan dipasang misalkan video yang ada di Youtube.

Mencari video di Youtube

Klik kanan pada frame video lalu pilih salin url video. Masuk ke menu Insert - Video - Video From Web Site lalu paste url video yang sudah dicopy sebelumnya. Tekan insert untuk menambahkan.

Paste atau salin url video yang sudah dicopy

Itulah tutorial Cara Menambahkan Video Di Microsoft PowerPoint Dengan Mudah. Semoga artikel ini sedikit menambah wawasan kita dan apabila dirasa bermanfaat jangan lupa untuk saling berbagi. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel