3 Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem Internet

Smartphone memang bisa dibilang sebagai perangkat (gadget) multi-guna pun juga multitasking saat ini. Bagaimana tidak, segala aktifitas mulai dari chatting, telepon dan bermain game bahkan sampai pada hal-hal penting seperti membayar tagihan pun dapat dilakukan dengan satu perangkat tanpa bantuan perangkat lain. Memang tidak salah jikalau ia disebut sebagai "Smartphone" alias telepon / perangkat / gadget pintar.

Terlebih saat ini tersedia banyak sekali pilihan merk smartphone khususnya android dengan harga yang sangat terjangkau namun tidak mengurangi esensinya sebagai perangkat pintar. Nah berbicara soal Smartphone tentu tidaklah seru jika kita tidak mengulik beberapa fitur uniknya, salah satunya yaitu Tethering.

Dengan fitur tethering ini memungkinkan kita untuk menjadikan Smartphone sebagai perangkat modem yang biasanya digunakan untuk mengakses ke jaringan internet, ajaib bukan!. Nah ada 3 metode yang paling sering digunakan untuk tethering / berbagi akses internet diantaranya Wifi tethering (hotspot), bluetooth tethering dan USB tethering. Dan sekedar informasi bahwa cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan. Luar biasa !!

Tidak perlu panjang lebar ke sana kemari silakan teman - teman langsung pergi ke menu Setting / Pengaturan Smartphone masing - masing. Maka akan muncul antar muka seperti pada gambar dibawah ini.

Cara mengaktifkan tethering pada android

Pada gambar diatas saya menggunakan Samsung Galaxy J5 versi Android 6.0.1 (Marshmallow). Namun teman - teman tidak usah khawatir jika menggunakan Smartphone merk lain selama itu masih Android dasar - dasarnya tetap sama. Namun jikalau ada perbedaan tidak akan signifikan, tinggal menyesuaikan saja.

Setelah menekan menu Mobile Hotspot and Tethering maka kita akan disuguhkan tiga pilihan metode tethering yang bisa digunakan yaitu hotspot, bluetooth dan kabel USB.


Cara Melakukan Mobile Tethering / Hotspot / Wi-fi

Langkah 1 : ON - kan mobile tethering maka secara otomatis hotspot akan aktif.

Mengaktifkan hotspot tethering pada android


Jika kalian baru pertama kali mengaktifkan mobile hotspot untuk SSID (nama hotspot) dan juga password sudah dibuat secara otomatis oleh sistem. Namun jika ingin mengaturnya sendiri kalian tinggal masuk ke menu " MORE " lalu Configure Mobile Hotspot. 

Langkah 2 : Selanjutnya hubungkan perangkat lain ( PC / Laptop / Smartphone) ke hotspot yang sudah dibuat. Sebagai contoh saya akan koneksi ke Wi-fi dengan SSID "Galaxy J5" dengan password " 12345678". Tunggu proses perangkat menerima IP Address dari Hotspot dan jika berhasil maka akan muncul perangkat yang terhubung seperti gambar dibawah ini.

Cek perangkat yang terhubung

Cara Melakukan USB Tethering

Langkah 1 : Sambungkan Smartphone dengan PC / Laptop menggunakan kabel USB. Khususnya bagi perangkat yang menggunakan OS Window maka sistem akan mendeteksi adanya perangkat baru yang terhubung dengan ditandai notifikasi bunyi "khas" Windows.

Langkah 2 : Masuk kembali ke "menu mobile hotspot and tethering" lalu slide ke kanan USB tethering. Notifikasi bunyi akan terdengar kembali dimana itu tandanya tethering antar perangkat berhasil.

Melakukan USB tethering di android
Gambar kiri belum terhubung. Gambar kanan sudah terhubung

Cara Melakukan Bluetooth Tethering

Masuk kembali ke menu "mobile hotspot and tethering" lalu slide ke kanan Bluetooth Tethering maka otomatis fitur bluetooth pada smartphone akan aktif. Gunakan perangkat lain untuk memindai apakah bluetooth sudah siap, jika sudah hubungkan seperti ketika saling bertukar file.

Itulah 3 Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Modem Internet. Tentu fitur ini sangatlah bermanfaat utamanya bagi kalian yang masih belum tercover jaringan kabel telepon / optik milik telkom misalnya atau bagi kalian yang sedang berada di daerah terpencil. Semoga artikel ini sedikit menambah wawasan kita dan jangan lupa share jika dirasa bermanfaat bagi orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel