Cara Membuat Dan Menjalankan Project Baru Java Di Eclipse

Salah satu alat tempur dalam dunia koding bagi seorang programmer adalah IDE (Integrated development environment). Adalah sebuah program komputer yang didesain dengan tujuan menyediakan semua utilitas yang diperlukan untuk pengembangan perangkat lunak / software baru. Biasanya IDE menyediakan beberap fasilitas seperti editor, compiler, interpreter, debugger dan beberapa fitur lain dalam satu GUI (Graphical user interface) yang terintegrasi.

Bagi kalian yang saat ini mau atau sedang mempelajari bahasa pemrograman seperti Java maka Eclipse adalah IDE wajib, terlepas dari banyaknya tools yang mempunyai fungsi dan tujuan sama. Beberapa alasan kenapa Eclipse menjadi primadona bagi programmer Java adalah karena program ini bersifat gratis dan ringan. Selain itu Eclipse juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk lingkungan pengembangan namun jika dirasa kurang kita juga dapat menginstal plugin tambahan di Eclipse marketplace.

Sesuai dengan judul diatas disini kita akan belajar bagaimana cara membuat dan menjalankan project baru Java menggunakan Eclipse. Tentunya artikel ini ditujukan bagi mereka yang masih baru sekali dalam pemrograman Java dan lingkungan Eclipse. Untuk memulai pembelajaran teman - teman bisa melakukan instalasi beberapa software pendukung seperti :
  • Java Development Kit (JDK) download disini
  • Eclipse IDE versi terbaru download disini
Note: Lakukan instalasi seperti biasa dengan mengikuti instruksi maupun persyaratan yang diberikan.

Langkah pertama : Buka aplikasi Eclipse pada dekstop, maka akan muncul antar muka seperti pada gambar di bawah ini.

Mengatur workspace java

Kita diberikan pilihan untuk menentukan lokasi Workspace / lokasi menyimpan file - file java. Pilih / Browse pada direktori selain C: agar ketika nanti kita ingin melakukan install ulang windows file tidak akan hilang. Centang " Use this as the default and do not ask again " untuk menjadikan direktori yang dipilih sebagai default agar ketika membuka aplikasi, kita bisa langsung masuk ke Eclipse. Jika sudah tekan Launch

Langkah kedua : Arahkan kursor pada menu File - New (Alt + Shift + N) - Java Project. Maka akan muncul  antar muka seperti pada gambar di bawah ini.

Membuat project baru java di eclipse

Project name : Masukkan nama project Java pada workspace
JRE (Java Runtime Environment) : Agar dapat menjalankan program Java pilih JRE yang sama dengan versi JDK.
Project layout :  Pilih " Create separate folders for sources and class files".

Selanjutnya tekan tombol finish lalu masuk ke workspace ( Klik sebelah kanan atas).

Langkah ketiga : Membuat package dan class baru. 

Klik kanan pada folder Workspace  - New - Package.

Membuat package java di eclipse


Memberi nama package java di eclipse

Penulisan nama package tidak boleh mengandung spasi ex : belajar java (salah). Usahakan seperti pada gambar diatas  ex : com.BelajarJava (benar). Setelah itu tekan Finish.

Klik kanan pada Package lalu pilih New - Class

Membuat class baru java di eclipse

Memberi nama class baru java di eclipse

Sama halnya dengan penulisan Package, penulisan class juga tidak boleh mengandung spasi. Setelah class terbuat tekan Finish.

Langkah 4 (Terakhir) : Menjalankan /  Debug  program java

Cara menjalankan project java di eclipse

Tuliskan baris kode seperti pada gambar, copy paste kode dibawah ini
package com.BelajarJava;
public class BelajarJava {

public static void main (String[]args) {
System.out.println("Belajar Java");
}

}
Jalan program dengan cara menekan Ctrl + F11. Maka output program akan muncul pada jendela console paling bawah

Itulah Cara Membuat Dan Menjalankan Project Java Menggunakan Eclipse. Semoga tutorial kali ini sedikit menambah wawasan kita khususnya bagi teman - teman yang mau atau sedang belajar java. Jangan lupa untuk berbagi jika tutorial kali ini bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel