Cara Mengkompres File Menggunakan Winrar Agar Lebih Kecil

Salah satu aplikasi yang wajib diinstal pada komputer maupun laptop khususnya yang menggunakan sistem operasi windows adalah Winrar. Keberadaannya bisa dibilang cukup penting utamanya bagi kalian yang suka menyimpan banyak file dalam jumlah banyak dan besar. Ya meskipun saat ini perkembangan media penyimpanan atau harddisk semakin canggih dimana rekor kapasitas simpan saat ini bisa mencapai 60 TB lebih.

Namun alangkah baiknya jika kita bisa memaksimalkan kapasitas harddisk yang ada. Terlebih jika berbicara kapasitas tentu akan berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan. Semakin besar kapasitas harddisk, semakin mahal juga harganya.. 

Winrar dapat mengkompresi atau menyusutkan ukuran file sampai 40 % dari ukuran aslinya. Maka dari itu tak jarang kita menemui banyak file download di internet baik itu aplikasi ,video dan foto yang sudah melalui proses kompresi dalam bentuk rar. Selain dapat menghemat ruang simpan pada hosting juga mempercepat waktu download.

Selain dapat mengkompresi file, winrar juga dapat mengarsipkan banyak file menjadi satu atau beberapa forlder berbeda dalam format rar. Untuk kalian yang masih bingung bagaimana cara mengkompres file di winrar berikut langkah - langkahnya.

Pertama : Untuk yang belum install winrar bisa langsung download Disini. Tersedia 2 versi yaitu 32 bit dan 64 bit, disarankan untuk memilih sesuai dengan bit windows masing - masing. Setelah itu instal aplikasi seperti biasanya.

Instalasi aplikasi winrar

Kedua : Siapkan terlebih dahulu file - file yang akan dikompres. Masukkan kesemua file tersebut ke dalam folder baru yang telah dibuat. Sebagai percontohan disini kita akan mengkompres beberapa file foto dalam satu folder.

Membuat folder baru

Foto yang sudah diblok pada gambar diatas akan dipindah ke dalam folder "mau dikompres" (tanda merah). Sebenarnya ini hanya bersifat opsional karena kita juga bisa langsung melakukan kompres tanpa membuat folder baru.

Setelah kesemua file dipindahkan ke dalam satu folder maka langkah selanjutnya adalah klik kanan pada folder. Cari opsi Add To Archive maka akan tampil window seperti pada gambar dibawah ini.

Cara mengkompres file menggunakan winrar

Pengaturan (opsional) :

Compression method : Pilih opsi BEST untuk hasil kompres terbaik
Split to volumes, size : Pilih Autodetect
Create solid archive : Beri tanda centang
Lock archive : Beri tanda centang

Setelah pengaturan dilakukan jangan lupa untuk menekan tombol OK untuk memulai proses kompres. Ini akan memakan waktu beberapa detik / menit tergantung besar kecilnya file. Jika berhasil, maka akan muncul folder berformat RAR dengan nama yang sama.

Perbandingan sebelum dan sesudah dikompres dengan winrar
Sebelum dan sesudah dikompress

Pada gambar diatas menunjukkan ukuran file sebelum dikompress sebesar 4.18 MB dan setelah dikompres menjadi 1.38 MB, Itu artinya kita telah berhasil menyusutkan ukuran file hingga 33 persen lebih kecil dari ukuran aslinya.

Untuk kalian yang belum tahu dimana sebenarnya Winrar juga mempunyai fitur lain selain kompres yaitu pengarsipan dan juga proteksi menggunakan password. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mencoba mengeksplor secara langsung atau istilah kerenya trial and error.

Itulah tutorial bagaimana cara mengkompress atau menyusutkan file menggunakan winrar dengan mudah. Semoga artikel ini bisa sedikit menambah wawasan kita dan jangan lupa untuk berbagi jika dirasa bermanfaat. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel