Cara Mengecek dan Mengatasi Broken Link Blog Atau Website

Broken link atau bisa juga disebut sebagai link mati pada blog atau website adalah kondisi dimana link eksternal maupun internal tidak dapat diakses oleh pengunjung yang biasanya ditandai dengan kode error HTTP 404 (tidak ditemukan). Mungkin hal tersebut terkesan remeh namun bagi sebagian blogger menganggap bahwa broken link adalah sebuah kesalahan fatal yang dapat berakibat semakin buruknya citra blog atau website dimata Google. Ditandai dengan semakin menurunnya urutan pengindeksan sehingga berdampak pada berkurangnya trafik pengunjung.

Tidak bisa dipungkiri bahwa link hidup pada postingan itu seperti pisau bermata dua. Bisa menjadi suatu keberkahan jika link tersebut mengarah pada blog atau website yang sudah diakui kualitasnya dan menjadi rujukan informasi bagi banyak orang. Artinya apa ? bahwa sumber / poin yang kita jabarkan pada artikel dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Lain cerita jika link tersebut dalam kondisi mati / broken link dimana ketika pengunjung mengklik link tersebut browser malah menampilkan pesan error 404. Dilihat dari sisi pengalaman pengguna (user experience a.k.a UX) tentu sangat buruk karena pengunjung seperti diberi harapan palsu.

Pengalaman pengguna menjadi salah satu indikator penilaian bagi Google untuk menentukan apakah suatu blog atau website layak untuk duduk manis pada pengindeksan pertama di halaman pertama. Jadi buat kalian yang selama ini masih cuek dengan hal seperti ini tentu pikiran tersebut perlu dibuang jauh-jauh.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara mengecek dan mengatasi broken link pada blog. Cara dibawah ini sangat mudah dipraktekkan bahkan bagi pemula sekalipun. Disini kita akan menggunakan sebuah tools gratis dari brokenlinkcheck.com.

Pertama : Buka situs brokenlinkcheck.com

Situs cek broken link blog atau website gratis

Kedua : Masukkan Url blog yang ingin kita cek. Sebagai percontohan saya menggunakan blog bengkelkomputek. Untuk lebih jelasnya kalian bisa klik pada gambar diatas untuk memperbesar. Jika sudah klik tombol find broken links.

Ketiga : Masukkan security code terlebih dahulu sesuai dengan kode yang diberikan. Pilih Report all occurrences of each dead link agar sistem melakukan crawling broken link secara menyeluruh. Jika sudah klik tombol find broken links now.

Masukkan url blog yang akan kita cek broken links

Tunggu sampai proses crawling selesai. Jika blog atau website kalian mempunyai postingan sampai ribuan tentu akan memakan waktu sedikit lama. Kalian bisa mengatasi kejenuhan menunggu dengan menyeduh secangkir kopi yang nikmat hehe.

Berikut hasil crawling broken links pada blog bengkelkomputek.com :

Hasil crawling postingan yang terindikasi muncul broken links

Pada gambar diatas ada beberapa postingan yang terindikasi muncul broken link dengan status server 404 (tidak ditemukan). Untuk membuka postingan tersebut kalian bisa klik pada url lalu secara otomatis browser akan membuka postingan yang dimaksud. Langkah selanjutnya kalian bisa langsung menghapus broken link atau bisa juga mengganti dengan link yang baru. Cukup mudah bukan ?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat teman - teman blogger semua khususnya yang baru pertama kali terjun di dunia blogging. Mari buat blog kita semakin dicintai pengunjung dengan membuat konten yang berkualitas. Pengunjung senang mbah Google pun senang. Happy blogging...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel