Penyebab Baterai HP Melembung dan Cara Mengatasinya

Baterai merupakan salah satu bagian penting pada Hp atau Smartphone. Sebagai media penyimpanan daya tentu keberadaannya begitu vital terlebih jika mayoritas pekerjaan kita dilakukan secara mobile sehingga terkadang jauh dari akses colokan listrik. Ya meskipun saat ini dapat disolusikan menggunakan powerbank namun pengisian daya menggunakan charger masih tergolong cara terbaik jika ingin umur baterai lebih awet atau tahan lama.

Berbicara masalah baterai tentu tidak bisa lepas dari segala permasalahannya. Salah satu yang paling umum dan mungkin saat ini sedang kalian alami adalah baterai melembung dari ukuran normalnya. Baterai melembung dapat diartikan sebagai menurunnya kualitas baterai dilihat dari kemampuannya menyimpan daya atau bisa juga disebut baterai bocor. Gejala yang sering terjadi adalah Hp atau Smartphone akan sering drop padahal baru saja di-charger.

Batera Hpi melembung atau bocor

Penyebab Baterai  Melembung atau Kembung


Over Charging

Sudah menjadi suatu kebiasaan kita saat sedang men-charging Hp dimana durasinya melebihi waktu normal. Biasanya sih karena kelupaan atau ditinggal tidur saat malam dan baru  melepas charger saat pagi. Kebiasaan seperti ini dapat memperpendek umur baterai, alasannya karena ketika baterai over charging dapat berakibat pada meningkatnya suhu panas di dalam baterai. Suhu panas inilah yang membentuk gas yang dapat membuat baterai kembung.

Telat Mengisi Daya Baterai

Kebiasaan lain yang sering kita lakukan adalah menunggu daya baterai benar - benar habis baru melakukan charging. Baterai yang habis (Voltage-nya) cenderung membutuhkan daya lebih besar saat proses pengisian dan berakibat pada kenaikan suhu panas secara drastis.

Charger Tidak Original

Tahukah kamu bahwa setiap Smartphone memiliki voltase yang berbeda - beda ? Berangkat dari alasan inilah kenapa penggunaan charger yang tidak original sangat tidak direkomendasikan karena bisa jadi voltasenya berbeda dibandingkan dengan charger yang asli yang sudah melewati standarisasi yang sesuai.

Cara Mengatasi Baterai Melembung  ?

Sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang cara mengempeskan baterai yang kembung baik dari artikel website maupun dari Youtube. Dan dari kedua sumber tersebut salah satu cara yang paling populer adalah memasukkan baterai ke dalam freezer / kulkas. Saya tidak tahu teori ini berasal darimana atau setidaknya mempunyai sumber yang jelas dan diakui oleh pakar baterai misalnya. Karena dari pengalaman pribadi cara ini terbukti tidak berhasil dan baterai tetap pada keadaan yang sama ( melembung).

Ada lagi cara yang tergolong ekstrim yaitu mencoblos atau menusuk pada bagian yang kembung. Lagi - lagi cara ini tidak masuk akal, bukankah itu hanya akan merusak fisik dari baterai belum lagi dampak negatif lainnya seperti keluarnya bahan kimia dalam baterai.

Menurut saya baterai yang sudah mengembung tidak dapat diperbaiki lagi kalau toh kedua cara diatas berhasil pun tidak akan mengubah fakta bahwa baterai anda saat ini kualitasnya sudah menurun. Namun jika kalian bersikeras ingin mencoba tips diatas silakan khususnya pada cara pertama yaitu memasukkan baterai pada freezer. Siapa tahu anda berhasil dari sekian banyak percobaan.

Saran saya sih lebih baik beli yang baru tapi wajib yang original. Meskipun harganya lumayan lebih mahal dibandingkan yang KW tetapi setidaknya dapat membuat hp lebih awet dan tahan lama daripada harus bolak - balik beli yang baru. Dilihat dari sisi keamanan pun yang asli akan lebih terjamin karena sesuai dengan standar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel